Terbaru

latest

"Kadung Kait" Ceritakan Kisah Nyata Pada Produksi Teater Dugal Yang Ke-XXIV

Minggu, 27 Agustus 2017

/ by BW
Unswagati, Setaranews.com - Teater Dugal Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni dan Budaya Unswagati Cirebon menggelar pementasan seni teater "Kadung Kait" karya Budi Yasin Misbach dan di sutradarai oleh Nuramaliyah "Waking" Afifah. Pementasan tersebut merupakan produksi yang ke-XXIV dan pementasan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Teater Dugal UKM Seni dan Budaya.

Dalam kisahnya "Kadung Kait" mengisahkan tentang sepasang suami istri yang baru saja menikah, dimana kehidupan mereka sangatlah amat sederhana dan cenderung pas-pasan. Mereka tinggal di rumah pemberian orang tua sang istri (Enah). Berdasarkan kekurangannya, akhirnya orang tua Enah selalu menyudutkan Suami Enah (Karyo).

Teater Dugal UKM Seni dan Budaya selalu mengangkat lakon-lakon atau cerita yang nyata dimana kisah yang dipentaskan diatas panggung merupakan kisah nyata dan masih hangat terjadi di kalangan masyarakat, "Cerita yang kami pentaskan memang cenderung nyata dan realistis, kemudian pengatutan artistik nya juga seakan-akan seperti nyata walaupun tidak persis menyerupai aslinnya, dan teater yang realistis ini jarang sekali dipentaskan, khusunya di daerah Cirebon," ungkap Sutradara Nuramaliyah "Waking" Afifah, saat ditemui setaranews.com saat pasca pementasannya, Sabtu (26/08).

Lebih lanjut, wanita yang yang kerap disapa dengan sebutan "Waking" tersebut melanjutkan pemaparannya, bahwasanya dalam cerita "Kadung Kait" tersebut disinggung juga soal narkoba, " Kadung Kait juga menyinggung soal narkoba, dimana sekarang ini sedang hangat diperbincangkan hingga tingkat nasional. Adapun pesan yang dapat diambil dari cerita ini sekurang-kurangnya kita yang melakoni  kehidupan yang pas-pasan sekalipun jangan sampai terjerumus kedalam pekerjaan yang salah," lanjut pemain yang memerankan peran "Emak" dalam lakon Kadung Kait tersebut.

Pementasan Seni Teater "Kadung Kait" diselenggarakan selama 2 hari di Ruang Aula Kampus Utama Unswagati Cirebon, dimana Pada hari pertama, Jumat (25/08) dimulai Pukul 19:30 WIB, untuk kalangan mahasiswa, kemudian di hari ke-2 nya, Sabtu (26/05) dimulai sejak pukul 15:30 WIB, untuk kalangan SMP/SMA-Sederajat. (Haerul Anwar)

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews