Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Terkait Kasus TPA, Komunitas Cirebon Timur Gelar Camping Diskusi Rasa

Jumat, 07 Juli 2017

/ by BW
Losari, Setaranews.com - Tempat Pembuangan Hasil Akhir (TPA) yang terletak di Cirebon bagian timur, tepatnya di Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon sedang banyak diperbincangkan oleh kalangan masyarakat terkait keberadaannya yang dapat mencemari Sungai Cisanggarung yang letaknya tepat disamping lokasi TPA Ciledug. Terkait hal tersebut, Komunitas Cirebon Timur mengadakan Camping Diskusi Rasa yang diselenggarakan di Pulau Gara-Gara, Desa Karangdempel, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes-Jawa Tengah.

Acara tersebut berlangsung selama dua hari (05-06 juli 2017) dan dihadiri oleh berbagai komunitas, diantarannya Mahasiswa Pecinta Alam Gunung Jati (Mapala Gunati), komunitas peduli lingkungan, OI, Anak Wayang, Petakala Grage, Wong Losari dan Gempala, Ikamatsaba, Komunitas Backpacker Cirebon dan warga cirebon timurnya sendiri juga turut ikut serta dalam acara tersebut.

Tujuan diadakannya acara tersebut sebagai ajang silaturrahmi antar komunitas dan juga sebagai bentuk pengaplikasian dari suatu komitmen warga cirebon mengenai pengawalan kasus Tempat Pembuangan Akhir (TPA), "Mari kita jalin silaturami dengan kegiatan ini tapi tidak mengurangi dari komitmen kita dalam menanggulangi permasalahan yang ada di lingkungan kita," ungkap Jarot, Koordinator komunitas cirebon timur saat ditanya oleh setaranews.com, Rabu (05/07) di pulau Gara-Gara, Brebes-Jawa Tengah.

Disisi lain, Epri Fahmi, salah satu peserta camping diskusi rasa cirebon timur beranggapan bahwa acara yang diadakan di tempat terpencil (Pulau Gara-Gara. red) merupakan ajang liburan peduli lingkungan, "Ini nih salah satu liburan sembari belajar, rekreasi sembari tetap peduli pada lingkungan, apalagi pulau gara-gara tersebut merupakan pulau yang masih terisolir dan masih sangat alami," ujarnya.

Dalam acara tersebut, para komunitas yang hadir dalam Camping Diskusi Rasa juga melakukan penanaman mangrove bakau dan diskusi lingkungan terkait Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang mencemari Sungai Cisanggarung.
( Hide )

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews