Responsive Ad Slot

7 Tips Tidak Nyaman yang Akan Merubah Kepribadianmu

Tidak ada komentar

Sabtu, 12 Maret 2016

Cirebon, SetaraNews.com - Tolak ukur kenyamanan setiap orang tentunya berbeda - beda. Jangan hawatir, berikut setaranews akan berikan 7 tips mengenai bagaimana hal-hal yang kurang nyaman bisa memperbaiki hidup seseorang.

Artikel ini bersumber dari businessinsider.my dan berasal dari diskusi di Quora.com oleh user bernama Joos Meyer, dan menghasilkan jawaban-jawaban menarik. Mari kita urai satu per satu untuk mencari solusinya.

  1. Pertanyakan Segala Sesuatu “Hal yang paling tidak nyaman yang bisa dilakukan adalah dengan mempertanyakan segala sesuatu yang diterima begitu saja dan mencari jawaban,” kata Malli Gurram di situs Quora.com. “Cobalah untuk melihat sisi lain dari sebuah norma.”


  2. Selalu Bersikap Jujur


    Ketika anda memutuskan untuk selalu bersikap jujur, awalnya mungkin akan terasa tidak nyaman untuk anda, tapi tahukah anda itu akan menjadi salah satu hal yang paling berharga? Begitu kata Ryan Brown.

    Jika terasa sukar untuk jujur, anda bisa berlatih dengan melakukan hal ini. Pertama, tulis nama-nama orang yang anda kenal, yang anda merasa perlu mengatakan sesuatu kepada mereka, tidak cuma yang baik-baiknya saja tapi juga yang buruk-buruk. Setelah itu, tuliskan perasaan anda tersebut dan berikan pada mereka. Setelah itu, tuliskan apa yang terjadi dan bagaimana pengalaman ini mempengaruhi anda dan orang-orang dalam daftar tersebut.

    “Jika Anda benar-benar jujur, setiap kata yang Anda tulis harus membuat Anda cukup emosional saat Anda menuliskannya,” kata Brown. “Inilah saat ketika anda tahu anda sedang membuka keran emosi dan perasaan anda yang sebenarnya, dan anda tuliskan benar-benar sesuatu yang sangat berarti bagi anda.”

    “Jangan lupakan apa yang telah Anda pelajari dari pengalaman ini,” ia menyarankan. “Biarkan bersama Anda selamanya.”

  3. Bangun Sebelum Matahari Terbit, "Bangun sebelum matahari terbit karena momen tersebut menyediakan suasana dan lingkungan yang sempurna baik untuk bekerja atau belajar. Ketika semua orang masih tertidur, bangun di jam 5 pagi sangat sempurna, meski sangat menantang. Cara yang indah untuk memulai hari di tengah keheningan" ucapnya.

  4. Kuasai Satu Hal hanya Dalam Satu Waktu, "Banyak orang yang melakukan banyak hal dalam satu waktu untuk melihat mana yang berhasil, tapi Rob Hanna menggunakan cara yang berbeda.“Niat adalah kunci untuk menguasai sesuatu,” kata Hanna. Masalahnya, banyak orang yang ingin memperbaiki hidupnya tapi tidak mengetahui apa yang mereka cari dan mereka tetap terus saja mencari-cari hal baru berikutnya.

  5. Belajar Public Speaking, Mungkin ini terdengar menakutkan tapi kita tidak tahu kapan seseorang meminta kita berbicara di depan publik. Latihan, meski menakutkan adalah kunci untuk memperbaiki kemampuan komunikasi.Malli Gurram merekomendasikan kita untuk bergabung dengan komunitas yang bisa memperbaiki hal ini. “Memang awalnya mengerikan sampai anda menyadari semua orang di sekeliling anda merasakan hal yang sama,” tulisnya.
    6. Menaklukan Hal yang  Menurutmu Tidak Mungkin, Hal paling tidak nyaman yang bisa anda lakukan, menurut Rizwan Aseem adalah menetapkan dan mencapai hal yang lebih sulit daripada yang sudah pernah anda lakukan sebelumnya.Untuk melakukan hal tersebut, dia menyarankan untuk memikirkan hal yang anda nyaman lakukan sehari-hari dan menggandakannya sampai pada titik anda merasa takut untuk melakukannya. Jika anda lari satu mil setiap harinya, mungkin lari tujuh mil akan membuat anda takut. Tetapkan ini sebagai target anda selama satu tahun.“Yang paling susah adalah sebenarnya bangkit dan mengambil langkah untuk membantumu mencapai tujuan ini,” ungkapnya.
    7. Memperhatikan Pengeluaran Anda
    Dari biaya membetulkan mobil, sampai asuransi, lalu anggaran untuk ngopi dan keripik kentang, selalu pantaulah setiap sen yang anda keluarkan untuk beberapa bulan. Ini disarankan oleh Bruce A McIntyre.

    Biasakan untuk membayar apapun dengan uang tunai. “Jika anda telah mencapai dasar dompet ketika mengambil uang cash, anda akan berpikir dua kali akan seberapa besar anda membutuhkan sesuatu.”

    Anda akan terkejut berapa hutang yang akan terbayar jika anda benar-benar mengetatkan pengeluaran anda.

    Namun masalahnya, bagaimana jika memang anda benar-benar membutuhkan pemasukan tambahan? Mungkin sudah waktunya anda punya Income sendiri. Lebih lengkapnya, pelajari Klik Disini



Tidak Adil, Seharusnya Peraturan Berlaku untuk Semua Tingkatan

Tidak ada komentar

Jumat, 11 Maret 2016

Unswagati, Setaranews.com – Mulai tahun akademik 2015/2016 pihak Universitas Swadaya Gunung Djati (Unswagati) memberlakukan peraturan baru mengenai pembayaran uang kuliah. Sebelumnya, SKS diawal semester dan DPP dibolehkan dipertengahan semester. Akan tetapi, untuk tingkat satu sekarang DPP dan SKS wajib dibayar dimuka. Mahasiswa menilai Peraturan tersebut tidak adil.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa dispensasi (keringanan) biaya kuliah akan dicabut oleh pihak kampus. Ketika dimintai keterangan, WR II Acep Komara menjelaskan berdasarkan SK Rektor, memang untuk tingkat satu SKS dan DPP dibayarkan seluruhnya diawal perkuliahan.

“Mulai dari tingkat satu yang kemarin (TA 2015/2016) pembayaran SKS dan DPP dibayar diawal seluruhnya, itu sudah ada SK dari Rektor. Jadi bukan dispensasi itu dicabut” ujarnya kepada setaranews.com, Sabtu (06/03).

Lebih lanjut, Acep Komara menuturkan bahwa aturan baru ini berlaku untuk mahasiswa tingkat satu, sedangkan untuk mahasiswa tingkat dua dan tingkat diatasnya masih memberlakukan aturan yang lama. Aturan yang lama ini memperbolehkan pembayaran SKS diawal dan pembayaran DPP boleh dibayar menjelang UTS.

“Selain tingkat satu yang sekarang masih memberlakukan peraturan yang lama.,” ucapnya.

Sementara itu, Lucky, mahasiswa tingkat empat Fakultas Hukum menggugat adanya aturan tersebut. Menurut dia, aturan tersebut tidak memenuhi unsur keadilan. Kata dia, kalau diawal mahasiswa tidak bisa membeyar seluruhnya bagaimana, apakah masih diperbolehkan atau tidak.

“Kalau gak bisa bayar gimana? Masih bisa dibolehkan dispen tidak? Aturan ini gak adil, kalo mau ya diberlakukan untuk semua tingkatan,” pungkasnya kepada setaranews.com.

 

Jurnalis: Hasbi Isma Rabani/Mgg

Editor: Epri Fahmi Aziz

Mahasiswa Tingkat Satu Mempertanyakan Penarikan Biaya Her-Registrasi

Tidak ada komentar
Unswagati, Setaranews.com - Pembayaran untuk heregistasi online yang dibebankan kepada mahasiswa tingkat I Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) menuai banyak pertanyaan. Mahasiswa ingin kampus mentrasparasikan biaya tersebut karena dinilai terlalu mahal dan memberatkan bagi mahasiswa.

Seperti yang diungkapkan oleh Agina, mahasiswa tingkat satu Fakultas Ekonomi Unswagati, Ia mempertanyakan tujuan dari adanya pembayaran heregitasi sebesar Rp 150.000. Jumlah tersebut, lanjut Agita, dirasa terlalu mahal, dan seharusnya ada transparansi dari pihak kampus mengenai herregistrasi tersebut.

"Uang heregistrasi itu untuk apa? Harus transparan alur keuangannya. Dan kalaupun diadakan apakah sebesar itu?". Tukas Agina kepada setaranews.com, Jumat (11/02).

Selain dari Arida, tanggapan pun datang dari mahasiswa FE lainnya. Ridha, yang juga mahasiswa tingkat satu merasa heran dengan penarikan herregistrasi tersebut. Ia menilai, pembayaran uang kuliah seperti SKS dan DPP itu sudah cukup mahal, ditambah herregistrasi otomatis membebani mahasiswa.

"Soalnya kan kita udah pake sistem online, tapi kenapa harus kena heregistrasi lagi? Kan kita usaha sendiri untuk buka di online dan itu juga perlu uang. Kenapa harus bayar lagi? Apa DPP nya kurang tah atau gimana?". Ungkap Ridha.

Sampai berita ini diterbitkan, belum ada konfirmasi lebih lanjut dari pihak kampus terkait penarikan biaya her-registrasi sebesar Rp 150.000 yang hanya dibebankan kepada mahasiswa tingkat satu.

Jurnalis: Rahma Viani/Mgg

Editor: Epri Fahmi Aziz

Cirebon Campus On Stage Hadir Lagi di Kampus Satu

Tidak ada komentar
Unswagati, Setaranews.com - Cirebon Campus On Stage, acara yang diselenggarakan di kampus Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) kemarin (10/3) cukup meriah saat dibukanya acara pada pukul 13.00 dengan cuaca yang sangat mendukung.

Acara ini didukung oleh apresiasi-apresiasi dari mahasiswa Fakultas Ekonomi sendiri dan untuk tahun ini dari pihak sponsor yang menawarkan diri.

“Jadi kita bekerja sama untuk mengadakan acara dengan judul Cirebon Campus on the satge,” kata Hana selaku ketua pelaksana.

Acara ini diadakan setiap tahunya oleh pihak BEM FE dan dimeriahkan oleh Bazar Campus, Stand Up Commedy , Hypnosis Style, Band-band , Pertandingan Play Station 3, Games dan Doorprize.

Hana selaku ketua pelaksana menjelaskan bahwa sedikit dari serangkain acara ini merupakan hasil kerja sama dengan radio swasta di Cirebon. Selain itu Hana juga menyatakan acara ini tidak menemukan kendala.

"Ini acara yang diadakan setiap tahunya oleh BEM FE dan  bekerjasama dengan Radio Indah, dari pihak kampus sendiri  menyediakan fasilitas tempat dan ikut serta dalam acara bazar untuk menmbah ilmu kewirausahaan bagi mahasiswa, serta untuk pengisi stand up commedy  itu dari pihak sponsor radio indah. Untuk kendala sendiri semuanya bekerjasma dan berkoordinasi satu sama lain jadi tidak terlalu ada kendala yang besar," tutupnya. (Hikmah/Mgg)

 

Editor: Muhamad Wildan

Pidato Jokowi untuk Boykot Produk Israel hanya Ajang Pencitraan

2 komentar
Cirebon, SetaraNews.com -  Pidato Presiden Jokowi dalam pertemuan di Organisasi Kerjasama Islam yang menyerukan boykot produk israel belum serius, hanya dijadikam ajang pencitraan.

Berdasarkan pertemuan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) presiden Jokowi merekomendasikan agar seluruh negara yang tergabung didalamnya untuk memboykot produk israel.

Pidato tersebut mendapat tanggapan dari Ketua DPR RI, Ade Komaruddin  sikap Jokowi ini akan didukung oleh DPR. Sebab, boikot produk buatan Israel dapat menjadi tekanan pada negara tersebut agar tidak melakukan penindasan pada rakyat Palestina.

"Itu sangat bagus, satu upaya menekan Israel yang membabi-buta kepada rakyat Palestina," ujar Ade Komaruddin di kompleks parlemen Senayan, Selasa (7/4), seperti yang dilansir di republika.com

Mendengar kabar tersebut, Adrian Nurwansyah, salah satu mahasiswa Unswagati menegaskan apa yang dilakukan pemerintah tersebut agar tidak menjadi bumbu pencitraan belaka.

"Jangan dijadikan ajang pencitraan, buktikan. Keluarkan peraturan yang kongkrit, entah UU atau PP. Kalau hanya cuman bicara sayapun bisa," pungkasnya kepada setaranews.

Penjajahan yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina pendanaannya dibiayai oleh dana  dari perusahaan - perusahaan multinasional, yang produknya tersebar hampir keseluruh dunia. Untuk melakukan perlawanan tersebut, tercetuslah gerakan global boykot produk - produk israel (yahudi).

Gerakan tersebut salah satunya dicontohkan di negara Turki, seperti yang dilansir dari laman Anadolu Agency,  barang Israel atau produk - produk yang mendukung gerakan israel seluruh pemerintah kota mendukung untuk memboikot produk yang beredar di Turki.

"Sangat penting untuk menekan bahwa kita tidak boleh memberikan dukungan logistik terhadap aksi kekerasan yang dilakukan Israel," ujar Wali Kota distrik Gungorenm, Istanbul, Sakir Yucel Karaman.

Gerhana Matahari Total, Bukti Kebesaran Tuhan

Tidak ada komentar

Kamis, 10 Maret 2016

Cirebon, Setaranews.com Indonesia menjadi satu-satunya wilayah didunia yang mendapat kesempatan menikmati fenomena langka gerhana matahati total. Gerhana matahari total hanya terlihat di 12 provinsi di Indonesia, salah satunya di Belitung. Gerhana Matahari Total (GMT) ini mengubah suasana pagi menjadi seperti petang. Namun hanya berselang sekitar 1 menit suasana kembali seperti semula, dan lebih terik dari sebelumnya

Baik di Belitung maupun ditempat lain di 12 Provinsi, semua masyarakat berkumpul dan menyaksikan fenomena yang terjadi setiap 350 tahun sekali selain wisatawan lokal banyak pula wisatawan manca negara yang turut hadir untuk melihat GMT

Tricia salah satu wagra Palangkaraya (salah satu wilayah yang dilewati GMT) mengaku takjub dengan fenomena gerhana matahari total ini. ia merasa beruntung dapat menjadi saksi peristiwa langka tersebut.

“Menurut gue sih keren .Perlu waktu 350 tahun buat ngeliat yang begituan, gue ngerasa beruntung aja bisa ngeliat langsung dari anyg awalnya terang menerang terus tiba-tiba gelap, Padahal waktunya cuma 2 menit doang tapi bikin merinding kebesaran tuhan” ungkapnya

Lain hal nya yg diungkapkan Fiska, perempuan asal kota manggar ini yang juga melihat GMT berpendapat bahwa GMT adalah fenomena yang unik sekaligus mengaggumkan

“Menurut aku kejadian GMT pagi tadi sesuatu hal yang sangat unik sekaligus berkesan, aku merasa beruntung bisa menyaksikan secara langsung proses saat matahari ditutupi oleh bulan tersebut, meskipun tidak terlalu jelas terlihat, karena tertutup awan, tapi menakjubkan sekaligus mengerikan ketika suasana yang terang perlahan-lahan jadi gelap''

 

Meningkatkan Solidaritas, Teknik Sipil Gelar Kompetisi Futsal

Tidak ada komentar

Selasa, 08 Maret 2016

Unswagati, Setaranews.com – Demi meningkatkan semangat, solidaritas serta tali silaturahmi diantara sesama mahasiswa Teknik Sipil, Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) berinisiatif untuk menggelar kompetisi futsal untuk tingkatan fakultas.

Seperti yang diungkapkan oleh Septian selaku ketua pelaksana , acara tersebut diselenggarakan di lapangan futsal Radar Cirebon. Dengan adanya kompetisi futsal ini Ia berharap bisa meningkatkan solidaritas sesame mahasiswa Fakultas Teknik Sipil.


“Kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan semangat teman-teman yang telah berlibur kuliah. Selain itu, untuk membangun kebersamaan antar mahasiswa, khususnya di teknik sipil,” ujarnya kepada setaranews.com, Senin (29/02), di sela – sela perlombaan.

Lanjut Septian, dalam kompetiisi futsal ini mengusung tema “Awali Aktivitas dengan Jasmani yang Sehat”. Ia memaparkan, yang bisa mengikuti kegiatan turnamen tersebut totalnya yaitu 12 tim. Ia mengakui, memang terdapat kendala sehingga peserta lomba belum maksimal.

“Saat ini mahasiswa teknik khususnya ada yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan sebagian sudah memulai Kerja Peraktek (KP) sehingga itu menjadi alasan penyebab sedikitnya yang berpartisipasi dalam futsal bareng ini”, tambah Septian.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Jurusan Teknik Sipil yang mewakili pihak dari fakultas, sekalin membuka acara secara simbolis dengan melakukan tendangan ke gawang. Di agendakan bahwa acara futsal bareng ini akan selesai pada Senin pukul 5 sore dan akan di tutup dengan pengumuman juara 1, 2, 3, pemain terbaik, dan top skor.

Adapaun yang menjadi Juara, pemain terbaik dan top skor yaitu:
Juara 1 :Tim Blink – Blink dari kelas 2D
Juara 2 : Kosiane dari tingkat 4
Juara 3 : Kelas 2 C
Pemain terbaik: Feby
Top Skor : Lukman
Juara harapan 1: Civil’E

Jurnalis: Mumu
Editor: Epri Fahmi Aziz

Kembali Meletus, Korban Sinabung Belum Dapat Bantuan dari Pemerintah

Tidak ada komentar
Sumatra Utara, SetaraNews.com – Semenjak tahun 2015 lalu korban letusan Gunung sinabung yang diungsikan tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah. Setelah Gunung Sinabung kembali memuntahkan isi perutnya, sampai saat ini status masih Awas hingga radius 4km. Bagi warga disekitaran lereng gunung dilarang untuk medekat.

Seperti yang disampaikan oleh Ismail Dedy Hasibuan, warga disekitaran Kabupaten Karo, Sumatera Utara hingga saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Kata dia, sejumlah titik pengungsian yang berjumlah sembilan posko di seluruh Kabupaten Karo kini mengalami kekurangan bantuan.


“Persediaan makan mereka sudah amat menipis, mereka hanya makan nasi dan garam, bahkan beras yang digunakan ialah beras “catu” beras yang berkutu dan berkualitas rendah,” ungkapnya kepada setaranews ketika dihubungi melalui sambungan seluler, Senin (29/02).

Menurut Ismail, yang juga relawan dari Komunitas Solidaritas Anak Bangsa, Jumlah korban dari ledakan Sinabung sendiri yang harus diungsikan mencapai 5000 jiwa. Hingga saat ini, lanjut Ismail, mereka hanya mengandalkan bantuan relawan.

“Sampai saat ini kami masih berjuang buat gebrakan untuk menggalang dana siap pakai buat korban Sinabung. Sejak 2015 tahun lalu pemerintah sudah tidak menyalurkan bantuan lagi” ungkapnya.

Bersama komunitas tersebut mereka menggolang dana bantuan dan memberikan jasa tenaga mereka untuk ikut membantu di pengungsian.

BEM Unswagati Kunjungi Konsolidasi BEM SI

Tidak ada komentar
Unswagati, SetaraNews.com – BEM Unswagati mengunjungi acara konsolidasi yang digelar oleh  Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) bertempat di  Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Seperti yang dikatan oleh Presiden Mahasiswa (Presma) Unswagti, Ahmad Ihsan Amala konsolidasi lanjutan tersebut merupakan amanah dari hasil musyawarah kongres BEM SI sebelumnya.

“Konsolidasi wilayah BEM-U  seluruh Indonesia ini merupakan salah satu amanah dari Musyawarah Nasional BEM U Seluruh Indonesia yang lalu.” ujar Ahmad Ihsan Amala sebagai ketua BEM Universitas Swadaya Gunung Jati saat diwawancara via BlackBerry Messenger (BBM).

Kata dia, Setidaknya ada tiga agenda yang dilakukan pada acara konsolidasi . Agenda-agenda tersebut amtara lain, membahas isu yang dibawa dari setiap kampus, merencanakan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil), deklarasi BEM se-Jabar dan konsolidasi selanjutnya.

Acara konsolidasi ini berlangsung hanya satu hari  dimulai pukul 19.00 sampai 23.00. BEM Unswagati sendiri  diwakili oleh  para pengurus intinya diantaranya  Ahmad Ihsan Amala sebagai Ketua, Okta sebagai Wakil ketua, Arina Sebagai Bendahara Umum, Lia Dahlia sebagai Mentri Pendidikan, dan Angga Triyana sebagai Mentri Olah Raga dan Seni Budaya.
Dalam acara konsolidasi kali ini dihadiri oleh UPI, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, Telkom, Poltek Piksi, Polban, Ekuitas dan Polman.

Mapala Gunati Gelar Mabim Gunung

Tidak ada komentar
Unswagati, Setaranews.com - Tahapan untuk menjadi anggota, Mahasiswa Pecinta Alam  Gunung Djati (Mapalagunati) Universitas Swadaya Gunung Djati (Unswagati) kembali adakan kegiatan Masa Bimbingan (Mabim) Buana Darat Divisi Gunung yang dilaksanakan di Jalur Pendakian Gunung Ciremai Desa Cisantana Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan.

Kegiatan yang menjadi program kerja rutin oleh Pengurus Mapala Gunati dan ditunjukkan bagi Anggota Muda yang kini menginjak Angkatan ke-21. Dimulai sejak tanggal 3-6 Maret 2016, kegiatan ini sekaligus bertujuan untuk memberikan bimbingan dan pengetahuan mengenai manajemen pendakian dan aplikasi dari esensi sebuah Pecinta Alam yang harus bisa menerapkan dan menjaga pelestarian alam.

Seperti yang dikatakan Ketua Pelaksana, dalam pelksanaan mabim terebut tentunya sekaligus mengimplementasikan pemahaman tentang pelestarian alam dan lingkungan.

”Selain penerapan bagi adik-adik Gunati yang baru tentang manajemen pendakian gunung disini juga kita belajar untuk menerapkan pelestarian alam dengan bersih gunung yang dilakukan dengan iklas agar terbiasa untuk ke depannya”,tuturnya ketika berbicara mejelaskan tujuan dari kegiatan tersebut.

Selain itu ada pula kegiatan Sosial Pedesaan (Sosped) yang dilakukan disekitar kawasan masyarakat Jalur Palutungan untuk mengetahui budaya,agama,mata pencaharian hingga ekonomi masyarakat tersebut bahkan ada atau tidaknya pengaruh dari adanya jalur pendakian di kawasan tersebut yang bertujuan sebagai pengetahuan umum cara mempelajari pola kehidupan suatu masyarakat.

Lab Radio dan Fotografi FISIP belum Optimal untuk Perkuliahan

Tidak ada komentar
Unswagati, SetaraNews.com –  Laboratorium radio dan fotografi yang dimiliki oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) belum dioptimalkan untuk kepentingan perkuliahan. Saat ini, hanya dipakai untuk meningkatkan kreatifitas mahasiswa yang beminat di bidang radio dan fotografi.


Seperti yang diungkapkan oleh Wadek III FISIP, Khaerudin Imawan, memang laboratorium ini belum optimal, digunakan oleh kelompok studi mahasiswa (KSM) dilingkungan FISIP. Namun, Ia pun tidak bisa melarang potensi minat dan bakat mahsiswa yang ingin mengasah kemampuannya.


“Tapi pada implementasinya, kita tidak bisa membendung kreatifitas hobi minat dan bakat mahassiswa oleh karna itu kita memfasilitasi kepentingn mereka dan melihat kepentingan mereka” Ujar Khaerudin Imawan selaku wakil dekan III Fisip saat ditemui setaranews (02/03).


Kharerudin menambahkan, memang poda dasarnya laboratorium radio dan fotografi itu merupakan fasilitas perkuliahan yang digunakan untuk kepentingan perkuliahan dan dimanfaatkan oleh seluruh mahasiswa FISIP, terutama jurusan Ilmu Komunikasi. Namun, kata Dia, jika ada mahasiswa diluar FISIP yang berminat pihaknya tidak bisa menolak.


“Iya, idealnya itu laboratorium fisip tp dalam perkembangannya banyak mahasiswa diluar fisip yang bermint di bidangnya, tidak mungkin kita tolak tinggal diatur dalm (anggaran dasar/ anggaran rumah tangga) ad/art” tambah Khaerudin.

Remaja 14 Tahun Menembak Teman Sebayanya

Tidak ada komentar
Amerika Serikat, SetaraNews.com - Telah terjadi peristiwa penembakan yang dilakukan oleh  murid 14 tahun di kantin salah satu sekolah di Amerika Serikat pada  Senin (29/2/2016). Selain menembak, murid tersebut juga meninju dua temannya lalu kabur begitu saja setelah sebelumnya melemparkan senjatanya.

Seperti yang dilansir dari Charlotte Observer, pihak kepolisian daerah setempat mengatakan remaja tersebut tiba - tiba mengelurkan pistol kemudian menembakannya dan meninju 2 teman sebayanya.

"Remaja itu mengeluarkan pistol di kantin sekolah hari  Senin, 29 Februari dan melepaskan tembakan, meninju 2 siswa dan kemudian  berlari keluar dan melemparkan senjatanya. Ia ditangkap di dekat lokasi  sekolah dengan bantuan anjing polisi". Ucap pihak berwenang dikutip  dari Charlotte Observer, Selasa (1/3/2016).

Motif dari penembakan belum diketahui oleh Richard K Jones,  selaku staf Sheriff Butler County. Identitas pelaku juga pun masih belum  dipublikasikan.

"Anak itu didakwa dengan 2 tuduhan percobaan pembunuhan, 2  kasus penyerangan, memicu kepanikan, dan membuat ancaman teroris," beber  Jones.
Penembakan itu terjadi saat jam makan siang pukul 11.30 waktu setempat. Selby salah satu siswa yang berada tak jauh dari si penembak mengatakan,

"Awalnya aku tak tahu itu suara tembakan, sampai aku melihat anak-anak  yang terluka memegangi kakinya dan terjatuh. Banyak orang berlarian ke  luar, pun dengan si penembak".

Sejauh ini, korban yang terluka sudah dibawa ke rumah  sakit. "Mereka sudah dibawa ke rumah sakit dan dalam kondisi stabil,"  kata penyidik.

Bantah Nepotis, Wadek III FISIP Klaim Pembagian Beasiswa Terbuka dan Transparan

1 komentar
Unswagati, setaranews.com – Beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprof Jabar) disinyalir sarat unsur nepotis, dikarenakan hanya mahasiswa yang mempunyai kedekatan dengan pihak fakultas yang mendapatkannya. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) membantah jika ada unsur nepotisme dalam proses penerimaan beasiswa dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) beberapa waktu lalu.

Seperti yang dikatakan oleh Wakil Dekan (Wadek) III FISIP Khaerudin Imawan, sosialisasi beasiswa memiliki prasasyarat dan prinsip - prinsip tertenu. Ia mengklaim bahwasannya pihak fakultas telah transparan dan terbuka dalam setiap pembagian beasiswa.

“Info beasiswa ini tetap kami sosialisasikan, kami tempel di mading. Prinsipnya terbuka, transparan, yang memenuhi klasifikasi dan yang berhak akan kita usulkan tapi kan disananya juga akan diseleksi lagi.” ujar Khaerudin Imawan selaku Wakil Dekan III FISIP saat ditemui setaranews di ruangannya, Rabu (2/3).

Beasiswa Pemprov Jabar ini diperuntukan khusus untuk program studi yang telah terakreditisi B, selain itu syarat lain penerima beasiswa adalah Hafiz Qur’an. “Provinsi kan menginginkan yang Hafiz Qur’an, tapi kan susah jadi jika ada yang hafal beberapa surat, maka kita akan prioritaskan” tambahnya.

Kuota untuk penerima beasiswa Pemprov Jabar untuk FISIP adalah Sembilan orang. Tujuh untuk yang berprestasi dan dua lainnya untuk mahasiswa yang melakukan tugas akhir.

“Semuanya dari administrasi negara, untuk ilmu komunikasi tidak bisa karena masih terakreditasi C. Tapi yang belum dapat nanti bisa mengajukan lagi. Fisip tidak ada unsur nepotisme, tapi tidak tahu kalau fakultas lain” tutupnya.

 

Telah Upayakan, Sosialisasi Beasiswa Belum Optimal

Tidak ada komentar
Unswagati, Setaranews.com- Setiap Informaso pembagian beasiswa, baik dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Daerah, ataupun pihak kampus belum tersosialisasikan kepada seluruh mahasiswa dengan optimal. Sosialisasi beasiswa baru sebatas penyebaran info lewat majalah dinding (Mading).

Seperti yang diungkapkan oleh Wakil Dekan (Wadek) III Fakultas Ekonomi (FE) Unswagati, Misbak, sosialisasi beasiswa dengan cara menempalkan informasi di mading dan meminta bantuan kepada Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dilingkungan FE.

“Sosialisasi sih dengan cara menempelkan di mading dan minta bantuan ke ormawa, tapi karena waktu untuk pengumpulan daftar beasiswa sendiri dibatasi sehingga info yang di mading tidak dapat bertahan lama tergantung waktu yang dibutuhkan,” ujar Misbak selaku Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi ketika ditemui di ruangannya pada Jumat (4/3).

Menurutnya, Setiap fakultas dibagi kuota penerima beasiswanya berdasarkan jumlah mahasiswa di fakultas tersebut. Pembagian kuota dilakukan berdasarkan asas keadilan. Pada beasiswa Pemprov kemarin Fakultas Ekonomi dijatahi sebanyak 17 mahasiswa.

Ia menambahkan, kriteria penerima beasiswa ada beberapa jenis yaitu jalur prestasi dan mahasiswa kurang mampu.  Jalur prestasi sendiri  dilihat dari nilai IPK yang tertinggi dari para pendaftar sedangkan jalur lain untuk mahasiswa kurang mampu keuangannya dengan persyaratan lain berupa memberikan surat dari desa dan kecamatan masing-masing.

"IPK harus memenuhi standar, dan bagi yang kurang mampu harus melampirkan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari desanya masing - masing," ucapnya.

Kebohongan Manis

Tidak ada komentar
Daniel kenapa dia mutusin gue tanpa alasan yang jelas, dan sekarang dia bahkan sama kaka kelas? Apa salah gue dan kenapa ini bahkan terlalu cepat buat hubungan baru.
“Yaelah Liv lo ngelamun lagi? Tuh di liatin Rafa tau” ucap Ozan.
“Apa sih Zan ga usah ngaco deh” menjawab dengan malas.
“Iya deh yang lagi patah hati bisa apa sih selain bersikap aneh gini, nih makan tadi gue dari kantin.” Ucapnya lagi sambil menyodorkan roti.
Mengangguk dan makan tanpa banyak bicara karena perasaan masih dalam proses berjuang jadi semuanya sudah terkuras habis termasuk tenaga untungnya Ozan teman sebangku gue akhir-akhir ini peka banget ngurusin hidup gue kalo di kelas.
“Eh Liv kata  gosip yang gue denger lo komen-komenan sama rafa ya di facebook ? lo lagi deket ya sama Rafa ? ko lo ga cerita ke gue jahat lo jadi temen ” cerocosnya.
“Apasih Zan lagian cuma komen seperlunya dia komen foto danbo yang gue upload dia bilang manusia kardus bahkan dia bilang kardus buluk jadi gue bales komennya. Udah beres.”
“Komen seperlunya sampe 39 komentar ? secara sadar ga sadar itu udah termasuk ga normal Rafa naksir lo kalo gitu sih”
“Gue ke perpus aja deh ya Zan lo mau ikut ga? “ potong gue sebelum semuanya jadi panjang dan Ozan hanya membalas dengan gelengan kecil dan muka yang super pengen nampol.
Jam istirahat paling pas buat bersembunyi dari keramaian dan tempat yang mendukung adalah perpustakaan ya walaupun buat kesana kita harus lewat tepi lapangan itu enggak masalah.
“Oliviaa..!!” teriakan  yang gue tau itu pasti cowok sambil mencari dari mana sumber suara itu ada tiba-tiba Rafa sedikit berlari ke arah gue.
“Gue berharap bukan Rafa yang teriak tadi “ gumam gue.
“Liv gue mau ngomong sesuatu sama lo” dan ternyata Rafa yang tadi  teriak hueee ngapain coba pake acara teriak gitu.
Perlahan Rafa mendekat dengan tatapan serius, sangat dekat bahkan sekarang sudah ada tepat di hadapan gue. “Gue suka sama lo Liv, dan lo mau enggak jadi pacar gue ?” ucapnya dengan mendekat dan memasangkan kalung berukiran huruf R dan sedikit berbisik “ Jawab iya ra,  gue cuma pengen buat lo senyum lagi.” seperti bom yang meledak yang membuat gue mematung dan tidak bisa berlari kemanapun selain berkata “Iya” dengan anggukan kecil.

Dan setelah itu terlihat muka Rafa yang tersenyum dan menarik tangan gue bersikap seolah –olah pertunjukanya sudah selesai padahal yang gue liat semua mata masih terfokus ke gue dan Rafa terutama Daniel.
Sampailah gue dan Rafa di taman belakang sekolah, “Raf tadi itu..”
“Duduk dulu Liv” potong rafa “Gue Cuma mau liat lo senyum aja setelah dua hari ini senyum lo itu di rampas Daniel gue jadi enggak kebagian senyum lo deh ” sambung Rafa yang sekarang duduk di sebelah gue. Sebentar tadi Rafa bilang apa? Apa enggak salah denger? Maksudnya apa? Emang kenapa sama senyum gue? oke tenang Olivia berpikir tenang.“Enggak tau mau ngomong apalagi Raf tapi ini terlalu aneh dan engak pernah gue sangka sebelumnya, hmm oiya ini kalungnya gimana ?” tanya gue.”Pake aja dan jangan lo lepas apalagi sampe ilang” kata Rafa.

Entah kenapa dari  kejadian di pinggir lapangan basket  Daniel jadi sering nyapa gue di sekolah dan bahkan nelpon tapi sayangnya gue udah muak dan lebih memilih tidur dan bersikap biasa. Gue sama Rafa juga makin deket, makin sering ngabisin waktu berdua ketawa sampe lupa kapan terakhir nangis  apa yang dia omongin di taman belakang sekolah itu bener rasanya pengen banget bilang “makasih ya Raf” tapi ga bisa masih gengsi. Dan Ozan juga makin kepo tapi dia bisa Rafa suap pake makan gratisan semuanya berjalan baik-baik aja cuma sikap Daniel yang makin kesini makin aneh.
“Liv, mau bantuin gue ga bawain bola ini ke ruang olah raga biasa anak-anak pada kurang ajar ninggalin gue” ucap Daniel.
“hmm iya sini bolanya” jawab gue tanpa banyak tanya karena gue engga mau kelamaan ngomong sama Daniel dan Rafa juga pasti udah nunggu di parkiran lagian ini cuma bantuin bawa bola basket doang jadi enggak akan masalah.
“Taro sana aja Liv” tunjuk Daniel ke arah keranjang bola di sudut ruangan dan suara pintu yang di kunci dari luar. ”Daniel gila buka pintunya ..!! “teriak gue.
Ruangan ini terlalu pengap dan gelap sekuat tenaga gue teriak tapi gue tau ini percuma ini udah lewat jam bubaran sekolah. “Siapapun di luar buka pintunya “ teriak sebisa gue dan memukul dada yang rasanya sesak dan pengap. Di tempat yang berbeda Rafa masih sibuk dengan tas yang sedang di rapihkan.
“Rafa, tadi gue liat Olivia sama Daniel lo enggak cemburu apa?” kata Vino yang kebetulan lewat.
Sontak Rafa sudah punya firasat buruk Daniel sama Oliv ? dan terakhir Oliv bilang kalo Daniel suka bersikap aneh akhir-akhir ini. Dengan cepat Rafa berlari ke setiap ruangan untuk mencari Olive. Sampai akhirnya Rafa bertemu dengan Daniel yang berdiri bersandar di tembok dengan muka yang sengaja menunggu Rafa datang.
“Olivia sama lo kan? Dimana sekarang?” kata Rafa. “Olivia lo di cariin pacar lo nih keluar deh “ teriak Daniel.
“Lo jangan bersikap idiot kayak gini gue tanya di mana Olivia? “tanya Rafa sekali lagi.
“Idiot? Lo yang berskap idiot Raf !!” teriak Daniel
“Lo sayang sama Olivia? ohh gue lupa lo cowok romantis yang ngungkapin perasaan ke ceweknya di depan mantannya ya. Gue mau balik Raf kalo lo mau cari Olivia mending carinya agak cepetan deh soalnya Olivia ga suka gelap dan ga suka ruangan tertutup  dan lain kali lo enggak usah pamerin rasa bahagia lo itu sama Olivia.”
“Oiya tapi gue kasian sama Oliv ini udah hampir lebih dari 20 menit, nih kuncinya lo buka pintu yang ini, gue mau liat gimana ekspresi lo kayak gimana” sambungnya dengan nada yang menyebalkan.
Dengan cepat Rafa membuka pintu dan melihat Oliv yang sudah terbaring lemas dengan keringat dingin dan wajah yang pucat.
“Oliv bangun Liv..” ucap Rafa.
“Daniel lo bener-bener sialan, puas lo sekarang ? gue bukan cuma sayang sama Olive tapi gue sayang banget sama Olive dan satu lagi udah cukup lo gangguin Olivia dengan tingkah idiot lo itu. Apa lo enggak cukup ngerebut Olive dulu dari gue?” tanya Rafa yang sekarang berdiri dan menatap tajam ke Daniel.
“Ngerebut? Lo yang harusnya sadar dulu siapa yang salah? lo yang enggak bisa jaga Olivia dengan baik  sampe dia harus jatuh ketangan orang lain macam gue. Jadi? takdir siapa yang bego? Lo kan ? udah lah sekarang lo urus Olivia aja sekarang urusan gue sama lo udah kelar Raf gue balik” kata Daniel sambil berlalu meninggalkan Olivia dan Rafa.
Andai dulu lo enggak sebodoh itu Raf keberanian lo telat dan sekarang gue bener-bener jatuh cinta sama Olivia tapi demi lo gue mutusin Olivia dan akhirnya gue juga mutusin buat pindah sekolah dasar temen idiot !! gara-gara lo gue jadi pembohong.  Jaga Olivia juga buat gue Raf.
Di satu sisi Daniel memang tulus suka sama Olivia tapi Rafa teman dari masa kecilnya itu yang dulu dianggap saudara juga mempuanyai rasa yang sama hanya tidak cukup keberanian untuk mengungkapkanya.
Olivia pun bangun dan sudah sedikit lebih baik terlihat senyumnya yang sudah kembali.

Setara TV

Tidak ada komentar
Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews