Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Sering Marah? Lakukan Hal ini Untuk Meredamnya

Kamis, 15 Desember 2016

/ by BW
Tips, Setaranews.com –  Suasana yang membuat kita kesal kadangkala dapat menimbulkan dampak emosional, yaitu amarah. Kondisi seperti ini, dapat kita jumpai di kehidupan sehari-hari, misalnya di kantor, kampus, rumah bahkan tempat nongkrong yang biasa  untuk berkumpul dengan teman-teman.

Kondisi emosional ini, memang merupakan sifat alami dari manusia akibat reaksi terhadap sesuatu yang tidak disenangi. Namun, tahukah anda apabila kita sering marah dapat menimbulkan efek buruk pada kesehatan kita, seperti serangan jantung, tekanan darah tinggi hingga stroke.

Bagi Anda yang sering marah, ada beberapa cara yang  dapat dicoba untuk meredam kemarahan. Berikut ini kami sajikan tips untuk meredakannya:

  1. Diam


Jika sedang marah, tanpa kita sadari dapat menyakiti perasaan orang lain hingga menularkan rasa marah kepada orang lain di sekitar kita. Oleh karenanya, apabila kita memilih diam pada saat marah maka dapat menurunkan tingkat emosi, bahkan kemarahan itu akan hilang dengan sendirinya.

“Ketika marah, hitunglah sampai sepuluh sebelum anda berbicara. Jika anda sangat marah, hitunglah sampai seratus. ”  – Thomas Jefferson –

  1. Tenangkan Hati Di Tempat Yang Nyaman


Jika sedang marah, alihkan perhatian pada sesuatu yang anda sukai dan lupakan segala yang terjadi. Tempat yang sunyi dan asri seperti taman, pantai, kebun, ruang santai, atau tempat favorit anda bisa menjadi pilihan untuk menurunkan tingkat emosi. Jika emosi sudah memuncak mungkin rekreasi untuk penyegaran diri sangat dibutuhkan.

  1. Intropeksi Diri


Intropeksi adalah sesuatu yang sering orang lakukan karena paling gampang, namun tinjaulah dari berbagai sudut permasalahan. Dengan cara mengintropeksi diri sendiri tidak akan terlalu sulit daripada mengkoreksi kesalahan orang lain yang hanya akan membuat anda lebih emosi. Luangkan 10 – 30 menit untuk mengaca dan mulailah intropeksi.

  1. Tarik Napas Dalam-dalam


Tindakan yang bisa dibilang sepele ini, dapat membantu kita untuk meredam amarah. Jika Anda marah, cobalah luangkan waktu untuk mengambil napas dalam-dalam agar udara yang dihirup dapat memperlancar peredaran darah lebih maksimal.

  1. Bermeditasi


Dengan bermeditasi, anda dapat mengendalikan hasrat negatif dari dalam diri anda. Berlatih meditasi secara teratur untuk membawa kedamaian batin anda kedepan.

  1. Curhat


Ketika Anda marah, cobalah untuk curhat dengan orang yang menurut Anda dapat dipercaya. Hal ini dapat membantu kita untuk mencari solusi atas permasalahan yang membuat Anda marah.

  1. Tersenyum


Tersenyumlah ketika dalam keadaan apapun, baik sedang bahagia maupun marah. Hal ini dapat membantu kita meredakan situasi tegang dan cara kita agar tetap dalam kondisi yang positif.

*Tulisan ini diambil dari beberapa sumber

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews