Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Pengguna iPad Sudah Bisa Mainkan Alat Musik Gamelan

Kamis, 29 Desember 2016

/ by BW
Semarang, Setaranews.com – Pernah membayangkan jika alat musik tradisional Indonesia yakni gamelan diterapkan dalam basis teknologi? Rupanya sekarang bukan menjadi angan-angan lagi, sebab pengguna iPad sudah bisa memainkan aplikasi e-Gamelan yang diciptakan oleh salah satu mahasiswa asal Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Semarang, Jawa Tengah.

Inovasi tersebut pun mendapatkan apresiasi yang besar dari Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi, sebab dinilai ikut serta melestarikan warisan budaya Indonesia.

Dikutip dari Kompas.com, Selasa (27/11), Tyas Catur Pramudi selaku Kordinator tim e-Gamelan mengatakan, pembuatan e-Gamelan dilakukan secara berkala. Timnya melakukan proses perekaman musik gamelan pusaka dari Keraton Surakarta dan Yogyakarta yang dinilai sebagai simpul pelestari gamelan yang masih ada hingga sekarang.

“Tujuan kami ingin meningkatkan sikap afektif anak muda, sehingga bisa diarahkan mengenal gamelan,” kata Catur, Minggu (25/12).

Gamelan yang semakin jarang ditemui, dan tidak semua orang memilikinya sebab harganya yang relatif mahal menjadi alasan pengembangan gamelan secara elektronik.

Sementara itu Ketua Menristek, Muhamad Nasir turut berbangga, baginya e-Gamelan adalah wujud nyata menjaga budaya. “Saya sangat mengapresiasi setinggi-tingginya atas penghargaan yang diterima oleh seluruh pihak,” ucapnya.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews