Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

HATHI Adakan Seminar Ketahanan Air di Unswagati

Senin, 19 Desember 2016

/ by BW
Unswagati, Setaranews.com – Himpunan Ahli Teknik Hidrolika Indonesia (HATHI) cabang Cirebon mengadakan seminar umum “Ketahanan Air untuk Mendukung Kedaulatan Pangan” di Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon pada Sabtu, 17 Desember 2016 pukul 09.30-16.30 WIB.

Seminar tersebut merupakan seminar pertama yang dilaksanakan, adapun pembahasannya terkait kebutuhan air dan ketahanan atau kedaulatan pangan. Menurut Dwi Agus Kuncoro selaku ketua pelaksana, kedaulatan pangan adalah bagaimana kita memperbaiki dan mengelola daerah irigasi yang menerima manfaat dari ketahanan air. Karena air merupakan sumber kehidupan, maka diperlukannya pembangunan untuk meningkatkan taraf hidup lebih baik.

“Kebutuhan air di Cirebon sendiri banyak, sedangkan persediaan air sedikit. Maka ketahanan air itu bagaimana kita membuat tampungan-tampungan air, sehingga pada waktu musim kemarau kita punya cadangan air, pada musim hujan juga dapat meredam banjir,” ujarnya yang tergabung dalam HATHI Cabang Cirebon.

Seminar ini diikuti oleh dosen, mahasiswa, dan dinas terkait di wilayah 3 Cirebon.  Sesuai dengan tema yang diambil, seminar ini membahas beberapa makalah tentang bagaimana mengolah irigasi secara modern. Adapun pembicara pada seminar ini mendatangkan konsultan dan pemerintah yang mempunyai peran fungsional di bidang sumber daya air.

“ini merupakan wadah pertemuan ilmiah yang memang konsen kepada sumber daya air. Rencannya akan diadakan setiap tahun,” ucapnya.

HATHI merupakan perhimpunan yang diikuti oleh orang-orang professional yang memiliki kompetensi di bidang sumber daya air.

 

Reporter : Mumu Sobar Mukhlis

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews