Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

U-ERC, Usaha Untuk Tingkatkan Minat Baca Mahasiswa

Jumat, 11 November 2016

/ by BW
Unswagati, SetaraNews.com – Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris atau English Student Association (ESA) Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon mengadakan acara Unswagati-Extensive Reading Competition (U-ERC) yang dibuka sejak 1 Oktober 2016-25 April 2017.

Acara tersebut mengusung tema “To Relieve Student’s Reading Habit with The Intention of Raising Educational Quality Through Extensive Reading” yang kurang lebih bermakna membantu membiasakan membaca di kalangan mahasiswa untuk meningkatkan kualitas pendidikan lewat membaca secara ekstensif.

“Awalnya, Pak Hendri hanya mau meningkatkan minat baca di mata kuliahnya beliau saja, tapi setelah didiskusikan lagi, tidak ada salahnya dibuat lebih besar, akhirnya menghubungi ESA untuk bekerja sama dan mendapatkan satu hasil, bagaimana jika dibuat kompetisi,” papar Iis Nur Aisyah selaku Ketua Pelaksana U-ERC saat ditemui di Sekretariat ESA oleh SetaraNews.com, Jumat (11/11).

Kompetisi tersebut di latarbelakangi karena melihat kondisi Indonesia dan Kampus yang memiliki minat baca rendah. Beberapa Dosen di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris seperti Hendriwanto dibantu oleh Nunung Nurjanah dan Apandi selaku penggagas yang bekerja sama dengan ESA untuk meningkatkan minat baca dikalangan mahasiswa lewat U-ERC.

“Kebiasaan membaca di kalangan mahasiswa masih rendah. Hanya sebagian saja mahasiswa yang memiliki (reading habit). Padahal sejatinya mahasiswa harus memiliki kebiasaan dalam membaca agar bisa menunjang perkuliahan dan pencarian literatur,” ujar Hendriwanto saat dihubungi melalui WhatsApp oleh SetaraNews.com, Jumat (11/11).

Setiap hari para peserta U-ERC harus membaca dan seminggu sekali lapor ke Dosen Reading dan Kordinator dengan menggunakan reading-log. Laporan juga di upload ke www.relawanmembaca.org. Sementara, sepuluh orang tertinggi yang banyak membaca akan mendapatkan bingkisan berupa paket pendidikan.

“Sepuluh orang tertinggi yang banyak membaca akan mendapatkan bingkisan paket pendidikan, walaupun tidak besar hadiahnya tapi yang penting reading habit mereka bertambah,” lanjutnya. Dan sementara, U-ERC hanya dibuka untuk mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, adapun kedepannya akan mencoba dibuka untuk seluruh mahasiswa Unswagati.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews