Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

HMJ Diksatrasia Unswagati Peringati Sumpah Pemuda dengan Bulan Bahasa

Rabu, 26 Oktober 2016

/ by BW
Unswagati, SetaraNews.com – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Diksatrasia) Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon akan mengadakan acara tahunan yaitu Bulan Bahasa pada 7-12 November 2016 di Kampus II Unswagati dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Dalam Bulan Bahasa sendiri melingkupi berbagai macam perlombaan untuk tingkat SD, SMP, SMA/sederajat dan seminar untuk tingkat Universitas se-wilayah III Cirebon. Setiap perlombaan pertingkat tentu berbeda, misalnya perlombaan Mendongeng untuk SD (7-8 November), Pidato untuk SMP (8-9 November), Drama dan Membaca Puisi untuk SMA/sederajat (10-11 November) dan puncaknya untuk mahasiswa terdapat Seminar Kurikulum Membedah KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), Kurikulum 2013 yang lama maupun yang telah direvisi (12 November).

Kemudian, tema dari berbagai macam perlombaan tersebut mengenai perjuangan, terkait masih memperingati Hari Sumpah Pemuda.

“Kita sebagai anak Bahasa Indonesia, jadi kita harus turut berapresiasi dalam lahirnya sumpah pemuda, jadi kita mengadakan Bulan Bahasa yang diadakan setahun sekali, dan ini sudah yang ke-11 kalinya,” ujar Syahroni selaku Ketua Umum HMJ Diksatrasia saat ditemui SetaraNews.com di Kampus II Unswagati, Selasa (25/10).

Dengan diadakannya Bulan Bahasa, sambung Syahroni, diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan terhadap Bahasa Indonesia.

“Ingin lebih menumbuhkan rasa kecintaan terhadap bahasa, maksudnya siswa ataupun mahasiswa biar tahu juga lahirnya sumpah pemuda, atau biar semangat juangnya tinggi, rasa nasionalisme nya ada,” lanjutnya.

Persiapan Bulan Bahasa pun sudah memasuki tahap akhir, tinggal pelaksanaan technical meeting dan menunggu hingga hari pelaksanaan acara.

“Persiapannya sudah lumayan, dari mulai peserta itu kita sudah lumayan banyak, ada dari Majalengka, Kuningan, dan Cirebon. Persiapan sudah siap semua, penyebaran surat ke sekolah-sekolah se-wilayah III Cirebon juga sudah, tinggal technical meeting, dan bagaimana menunggu berjalannya acara,” tutur Miftah Amarudin selaku Ketua Pelaksana Bulan Bahasa.

Baik Syahroni dan Miftah, keduanya berharap acara tersebut dapat berjalan dengan lancar, tidak ada kendala yang berarti, dan Bulan Bahasa dapat diikuti oleh lebih banyak pelajar dan mahasiswa se-wilayah III Cirebon.

Pendaftaran perlombaan Bulan Bahasa sendiri dibuka dari Senin-Sabtu pukul 08.00 WIB-15.00 WIB di Public Area Kampus II Unswagati hingga 2 November 2016.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews