Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Beri Gambaran Prospek Kerja, HMJM Adakan Seminar Kompetensi Kelulusan

Kamis, 13 Oktober 2016

/ by BW
Unswagati, Setaranews.com - Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJ-M) Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) mengadakan Seminar Kompetensi Kelulusan bertempat di Aula Kampus 1 Unswagati, Kamis (13/10). Seminar yang mengusung tema, "Your Choice Determine Your Future" ini dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 12.00. Pemateri yang ditampilkan berasal dari dosen Fakultas Ekonomi Unswagati yaitu Bachrudin, Siska Ernawati dan Mayaliza.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi, khususnya jurusan Manajemen sangat antusias untuk mengikuti seminar ini, terbukti dengan membludaknya peserta hingga mencapai 353 peserta. Seminar sendiri sebenarnya ditujukan kepada mahasiswa tingkat akhir, namun tidak membatasi mahasiswa tingkat dua dan tiga untuk ikut berpartisipasi.

Data yang dihimpun dari Badan Pusat Statistik pada bulan Februari 2015 menunjukkan sekitar 400.000 pemuda bergelar sarjana di Indonesia menganggur. Hal tersebut yang menjadi salah satu alasan untuk mengadakan Seminar Kompetensi Kelulusan sehingga  melalui seminar ini dapat memberikan gambaran ke depan mengenai prospek kerja bagi lulusan mahasiswa jurusan Manajemen.

"Tujuan seminar ini sendiri untuk memberi bekal mengenai prospek kerja seperti apa bagi mahasiswa manajemen tingkat empat," ujar Septyane Dheantika, selaku ketua pelaksana ketika ditemui SetaraNews.Com di Aula, Kamis (13/10).

Adanya seminar pun diharapkan dapat memberikan gambaran yang gamblang mengenai konsentrasi yang akan diambil sehingga mahasiswa memahami setiap konsentrasi yang ada agar tidak hanya sekadar ikut-ikutan. Seperti yang dikatakan oleh Iyan Firmanda, salah satu peserta seminar dari jurusan Manajemen semester tujuh.

"Harapannya, untuk mahasiswa tingkat bawah agar lebih memahami setiap konsentrasi yang ada karena akan berpengaruh pada penyusunan tugas akhir nanti, sementara untuk mahasiswa tingkat akhir diharapkan mulai menata rencana terkait konsentrasi yang diambil dan rencana setelah kelulusan," ungkapnya.

Namun sayangnya, seminar yang memberikan manfaat cukup baik bagi mahasiswa ini mendapat keluhan dari peserta seminar. Seperti yang dipaparkan oleh salah satu mahasiswa yang mengaku tidak dapat menangkap secara jelas pemaparan pemateri seminar.

"Lumayan dapat manfaatnya bisa lebih hati-hati untuk milih konsentrasi jurusan meskipun kurang jelas suara pematerinya," ucap Anindita Nugraha, peserta seminar dari jurusan Manajemen semester lima. (Anisa/Awank)

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews