Responsive Ad Slot

Euforia Dies Natalis Tidak Sampai Mahasiswa, Ini Tanggapan Bidang Humas

Tidak ada komentar

Sabtu, 17 Januari 2015

Jum’at (16/1) Universitas Swadaya Gunung Jati (unswagati) Cirebon merayakan Miladnya yang ke-54, namun sangat di sayangkan,acara yang seharusnya dapat diramaikan dan dipartisipasi oleh seluruh masyarakat kampus hal ini justru terlihat hanya dinikmati beberapa dosen dan mahasiswa. Banyak mahasiswa yang tengah mengikuti kegiatan Ujian Akhir Semester (UAS) serta para dosen yang masih sibuk memberi perkuliahan dikelas dan mengawas di ruang ujian.

Banyak mahasiswa mengeluh atas ketidak sampaian informasi dies natalis unswagati, bahkan ada yang baru mengetahui unswagati mengadakan acara hiburan untuk dies natalis ke-54 ini “wah, saya baru tahu unswagati ada acara dies natalis, kalau enggak ke kampus satu pasti enggak tahu ada acara ini” ujar Nurul, mahasiswi fakultas pendidikan bahasa inggris.

Namun bidang Humas mengaku sudah melakukan publikasi namun setiap event terdapat bagian -bagiannya sendiri terkait publikasi acara dies natalis Unswagati “kalau publikasi tiap event - event selalu disampaikan agendanya, kemudian kalau perayaan dies natalis ada seksi-seksi itu sendiri, karena masing-masing seksi punya kebijakan sendiri” ujar siti Khumaya di ruang Wakil Rektor IV. Acara dies natalis unswagati tersebut dibawah tanggung jawab dari wakil rektor II.

Tasyakuran Mengisi Puncak Acara Dies Natalis Unswagati

Tidak ada komentar
 

Unswagati, SetaraNews.com  - Dalam serangkaian acara Dies Natalis (Ulang Tahun) Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon, beberapa peralatan acara pun diselenggarakan untuk memperingati hari lahirnya Unswagati ke-54. Acara puncak Dies Natalis Unswagati yang jatuh pada tanggal 16 Januari ini diisi dengan kegiatan Tasyakuran sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1436h.

Acara tersebut dilaksanakan oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nurul Imni sebagai pelaksana. Tidak hanya para staf dan karyawan, mahasiswa juga ikut meramaikan kegiatan tersebut. Berdasarkan perkembangan zaman yang terus berjalan seiring dengan berputarnya waktu, acara ini mengambil tema "Melalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Kita Bangun karakter Islami Bangsa Untuk Menghadapi Era Globalisasi" dengan narasumber Kh. Drs. Abdul Hasyi Imam, M.Ag yang merupakan pimpinan/pengasuh pondok pesantren gedong Kecamatan Pagenan.

"Selain untuk menjalin silaturahmi sesama civitas akademika Unswagati, kita juga mengundang warga dilingkungan sekitar kampus Unswagati.' Ujar Ahsanul Habibi selaku pengurus DKM dan Ketua Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Imni.

Selain itu, pendapat pun muncul dari keluarga besar Unswagati. Menurut salah satu anggota dari Ikatan Keluarga Unswagati (IKU), Endang yang juga sebagai salah seorang istri dari dosen Fakultas Kedokteran (FK) Unswagati ia sangat mengapresiasi dengan serangkaian acara kali ini. Apalagi, menurutnya acara puncak diisi dengan Tasyakuran. Lebih lanjut, ia pun menuturkan bawha memang acara tersebut merupakan serangkaian dari kegiatan Dies Natalis Unswagati ke 54.

"Semoga kedepannya Unswagati bisa lebih baik, dan kita selaku Individunya juga menjadi lebih baik." Tuturnya.

Usai Digelar, Berikut Daftar Pemenang Rektor Cup Unswagati

Tidak ada komentar
UNSWAGATI, SETARANEWS.COM – Dalam rangka Dies Natalis (Ulang Tahun) ke-54, Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon menggelar turnamen olahraga yang bertajuk “Rektor Cup”. Acara tersebut bertempat di salah satu Sport Centre Jalan Pemuda dan  di Lapangan Kodim. Turnamen ini diselenggarakan pada tanggal 6-10 Januari 2014 lalu. Mulai pada pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Untuk bidang olahraganya sendiri yaitu Bola Voli dan Futsal. Peserta turnamen Bola Voli untuk tingkat internal antar karyawan, dosen dan mahasiswa. Sedangkan turnamen Futsal berasal dari sejumlah 40 siswa SMA (Sekolah Menengah Atas) sederajat wilayah III Cirebon. Untuk tingkat SMA se-derajat sendiri tahun ini mengalami peningkatan. Kegiatan tersebut telah menjadi agenda rutin tiap tahunnya. Berikut daftar tim pemenang turnamen Rektor Cup :

TURNAMEN BOLA VOLI

  1. Turnamen Bola Voli antar Karyawan/Dosen (Putra)


-          Juara I Universitas

-          Juara II Fakultas Hukum

-          Juara III Fakultas Kedokteran

  1. Turnamen Bola Voli antar Karyawan/Dosen (Putri)


-          Juara I Ikatan Keluarga Unswagti (IKU)

-          Juara II Fakultas Teknik

-          Juara III Fakultas Kedokteran

  1. Turnamen Bola Voli antar Mahasiswa Putra


-          Juara I Fakultas Ekonomi

-          Juara II FKIP

-          Juara III FT

  1. Turnamen Bola Voli antar Mahasiswa Putri


-          Juara I FKIP

-          Juara II FT

-          Juara III FK

 

TURNAMEN FUTSAL

  1. Turnamen Futsal antar Karyawan/Dosen


-          Juara I Universitas

-          Juara II FKIP

-          Juara III FE

  1. Turnamen Futsal antar Mahasiswa


-          Juara I FE

-          Juara II FT

-          Juara III FISIP

  1. Turnamen Futsal antar SMA/SMK/MA Se-Wilayah III Cirebon


-          Juara I SMAN 1 CIWARINGIN

-          Juara II SMAN 1 PALIMANAN

-          Juara III SMA NU LEMAHABANG

“Untuk peserta futsal mengalami peningkatan karena futsal ini olahraga yang cukup digemari saat ini, kebetulan juara tingkat SMA semuanya berasal dari Kota Cirebon. Pesertanya ada dari Majalengka, Subang, Kuningan”. Ujar Dudung Hidayat M.Si sebagai WR III juga selaku Ketua Bidang Olahraga Dies Natalis Unswagati.

Tim yang berhasil menjadi pemenang pada bidang Futsal tingkat SMA se-derajat akan diberi piala serta uang pembinaan sebesar Rp2.000.000,- untuk juara I, sedangkan juara II sebesar Rp1.500.000,- dan juara III Rp1.000.000. Pada bidang Bola Voli tingkat internal kampus diberikan uang pembinaan sebesar Rp800.000,- untuk juara I, untuk juara II sebesar Rp600.000,- dan juara III Rp400.000.

“Antusias dari mahasiswa bagus, luar biasa. Tapi gesekan sesama mahasiswa itu wajar. Mereka saling memahami saling mengerti bahwa ini kompetisi olahraga, mengedepankan fairplay sportivitas”. Tambah Dudung saat ditemui SetaraNews pada (16/01) siang tadi di ruangannya.

Namun momentum Dies Natalis kali ini kurang tepat karena bentrok dengan jadwal UAS (Ujian Akhir Semester) mahasiswa juga sebagian telah libur.

“Harapan kedepan Unswagati menjadi raja voli, raja sepak bola”. Tandasnya.

 

Tahun Ini Unswagati Ulang Tahun Dua Kali

Tidak ada komentar
Unswagati-Setaranews.com Universitas swadaya gunung jati (Unswagati) di tahun 2015 ini akan melaksanakan dies natalis dua kali dalam setahun. Hal ini dikarenakan selama ini ada kesalahan pengambilan tanggal dies natalis yang setip tahun digelar tiap 16 Januari.

Koreksi ini dilakukan setelah Direktorat jendral pendidikan tinggi (Dikti) menilai dies natalis Unswagati semestinya diambil dari tanggal peresmian Universitas, bukan pendirian yayasan seperti yang sekarang dilaksanakan sebelumnya.

“Menurut analisa awal Unswagati lahir 16 Januari 1961. Tapi, ada revisi setelah dapat petuah dari dikti, Unswagati itu lahir pada 29 Desember 1962, jadi tahun ini kita dua kali mengadakan dies natalis ” Kata Rektor saat ditemui usai gelaran wisuda ke LXI kemarin.

Dengan begitu jika di hitung, jika dies natalis Januari ini adalah peringatan yang ke 54 tahun. Maka Desember nanti umur Unswagati berkurang menjadi 53 tahun.

Warek II : Unswagati Harus Tingkatkan Kualitas

Tidak ada komentar
Unswagati-Setaranews.com Unswagati yang menginjak tahun ke 54-nya ini, perbaikan dibanyak sektor masih menjadi pekerjaan rumah bagi Universitas yang memiliki tujuh fakultas tersebut. Salah satunya ialah kualitas dan kapabilitas. Setidaknya itu yang diucapkan Wakil Rektor Dua  H. Acep Komara, Drs. SE, MSi ketika eksklusif Setara temui sore tadi di ruang kerjanya. Selain itu, menurut Acep Unswagati juga perlu menciptakan atmosfir akademik yang baik.

“Unswagati kedepan harus lebih baik, karena itu harus ada usaha untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitas. Dan sekarang ini di titik beratkan ke arah ilmiah supaya untuk menciptakan atsmosfir akademik yang lebih baik.” ujar Acep

Lebih lanjut, kepala bidang dua ini juga memaparkan harapan agar bidang-bidang yang ia komandoi bisa ditingkatkan kinerja dan kedisiplinanya.

“Bidang dua bidang yang paling banyak garapanya. Ada keuangan, umum, perlengkapan, kepegawaian. Ya saya ingin agar masing-masing bidang ini ada peningkatan kinerja. Misanyal seperti kepegawaian supaya mereka lebih baik lagi. disiplin lagi”. Tambahnya

Acep juga menambahkan untuk menambah kualitas Universitas. Sarana prasarana kampus mesti harus ditingkatkan

“Masalah sarana prasanan kita tingkatkan sesuai kemampuan lembaga ya dalam rangka meningkatkan kualitas lembaga yang lebih baik lagi.” Tandasnya.

 

Dies Natalis Ganggu Kegiatan UAS

Tidak ada komentar

Jumat, 16 Januari 2015

Cirebon-Setaranews.com - Jumat pagi Unswagati memperingati ulang tahun ke-54 yang diadakan di kampus 1. Acara ini dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan dan unjuk bakat. Beberapa pengisi acara adalah merpati putih yang menunjukan bakat dari mahasiswa berprestasi . Lalu ada juga pertunjukan telepati, selebihnya adalah penampilan dari pihak dosen sendiri yang melakukan senam berkelompok.

Tetapi acara tersebut bertepatan dengan Ujian Akhir Semester (UAS) fakultas ekonomi dimana mahasiswa mengeluh tidak konsentrasi dalam mengerjakan UAS “Sangat tidak konsentrasi, karena biasanya saya mengerjakan UAS dengan teliti tetapi saya tidak bisa berfikir sama sekali. Seharusnya acara Dies Natalis tidak bertepatan dengan UAS” Ujar Tika salah satu mahasiswa fakultas ekonomi.

Ditengah acara juga diumumkan para pemenang dari lomba yang diadakan,  acara ini ditutup dengan penampilan dari rektor dan para dosen juga ikut berjoget.

Gelar Wisuda di Apita,Warga Keluhkan Kemacetan

Tidak ada komentar

Kamis, 15 Januari 2015

Cirebon, Setaranews.com- Digelarnya wisuda XLI Universitas swadaya gunung jati di hotel Apita ternyata membuat jalan Tuparev Kabupaten Cirebon tersendat. Dari pantauan setaranews.com salah satu penyebab kemacetan adalah tidak teraturnya parkir kendaraan yang dipakai oleh pengunjung wisudawan.

Salah seorang pengemudi sepeda motor, Saman menuturkan kemacetan membuatnya harus mencari jalan alternatif untuk sampai ketujuan.
"Iya saya mau cari jalan tikus saja, panjang soalnya" ujar Saman.

Masih menurut beliau kemacetan ini mengular cukup panjang bahkan sampai sampai bunderan Kedawung. "Acaranya disini tapi macetnya sampe bunderan kedawung" tambahnya.

Macetnya jalan tersebut menjadi perhatian agar tidak terulang lagi untuk kedepannya, selain itu Wisuda Unswagati kali ini meloloskan 1317 mahasiswa strata satu dari tujuh fakultas dan Pascasarjana.

Para Wisudawan Unswagati Diharapkan Lebih Mandiri dan Kreatif

Tidak ada komentar
Cirebon.SetaraNews.com(14/01) – Dalam rangka memperingati Diesnatalis ke 54 Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon (Unswagati) mengadakan Sidang Terbuka Senat dengan acara pokok Wisuda Sarjana dan Magister XLI. Acara ini berlangsung selama dua hari, dari tanggal 14 sampai 15 Januari 2015 dan bertempat di hotel Apita Cirebon.

Dalam sambutannya Irianto selaku ketua yayasan pembina pendidikan Swadaya Gunung Jati mengharapkan bahwa lulusan Unswagati bisa menjaga nama baik almamater dimanapun mereka berada, serta yang menjadi lulusan terbaik bisa memberikan kontribusi yang baik pula terhadap masyarakat bukan aktor korupsi, tuturnya saat memberikan sambutan,

"lulusan hari ini harus bisa menjadi agen perubahan bagi bangsa dan bisa lebih mandiri, lebih kreatif, bertanggung jawab dan berahlak baik", tuturnya.

Seiring berjalannya waktu kini Unswagati mengalami berubahan kearah yang lebih baik karena saat ini Unswagati menjadi pelopor budaya Cirebon dan menjadi kampus favorit sewilayah tiga,

Ribuan Mahasiswa Unswagati Siap Dilepas

Tidak ada komentar

Rabu, 14 Januari 2015

Cirebon, setaranews.com – Unswagati (Universitas Swadaya Gunung Jati) Cirebon akan mengadakan Wisuda yang ke XLI esok hari (14/01). Wisuda dilaksanakan selama dua hari beturut-turut, yang bertempat di Hotel Apita Cirebon. Wisuda XLI Tahun Akademik 2014/2015 meluluskan  sebanyak 1317 mahasiswa dari berbagai program studi dan program pascasarjana


Wisuda akan dilaksanakan selama dua hari. Pada hari pertama (14/1) jumlah mahasiswa yang akan diwisuda sebanyak 665 mahasiswa, sedangkan pada hari kedua (15/1) ada sebanyak 652 mahasiswa.


Berdasarkan data yang didapat dari Bagian Akademik Unswagati, jumlah mahasiswa yang akan diwisuda dari setiap fakultas yaitu Program Pascasarjana ada 91 mahasiswa, Fakultas Hukum 36 mahasiswa, Fakultas Ekonomi 201 mahasiswa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 871 mahasiswa, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 20 mahasiswa, Fakultas Pertanian 43 mahasiswa, Fakultas Teknik 27 mahasiswa, dan Fakultas Kedokteran 28 mahasiswa.

Dekan Pertanian : Sarjana Unswagati Harus Menangkan MEA

Tidak ada komentar
Unswagati-Setaranews.com Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) yang akan merayakan hari ulang tahunnya yang ke 56 pada 16 Januari, Banyak kalangan yang berharap ada perbaikan dalam banyak hal di Unswagati seperti yang diutarakan Dekan Fakultas Pertanian I Ketut Sukanata, Ir., MM.

Beliau berharap agar Universitas dapat melaksanakan budaya mutu untuk mengantisipasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Semoga Unswagati dapat melaksanakan budaya mutu secara konsekuen, transparan dan bisa dipertanggung jawabkan. Juga, harus siap melahirkan sarjana yang mampu memenangi MEA” Ujar beliau saat ditemui diruang kerjanya

Dekan Pertanian ini berharap, Unswagati dapat membenahi sarana dan prasarana yang ada di kampus. Seperti ruang kuliah, ruang parkiran, ruang dosen dan ruang seminar.

“Sarana dan pra sarana harus bagus, representatif serta memenuhi standar.” Tandasnya

Kurang Informasi, Dies natalis Unswagati Terdengar Asing

Tidak ada komentar

Selasa, 13 Januari 2015

Unswagati-Setaranews(13/01) Menjelang perayaan diesnatalis Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) yang ke 54, beberapa mahasiswa Unswagati mengaku tidak tahu mengenai kapan perayaan dies natalis digelar. Kurangnya pengumuman dari pihak Universitas dan nihilnya kabar yang beredar serta tidak adanya pemberitaan di majalah dinding maupun pamflet serta baliho menjadi alasan ketidaktahuan mahasiswa.

“Saya tidak tahu kalau Unswagati akan mengadakan ulang tahun, tidak ada info yang memberitahukan bahwa Unswagati akan ulang tahun.” Kata Dini mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Diantara mereka hanya tahu perlombaan futsal dan voli tanpa mengetahui tanggal spesifik ulang tahun Unswagati itu sendiri.

“Aduh saya gak tau, setahu saya dies natalis sekarang sudah ada lomba futsal tapi kalau tanggal spesifiknya gak tahu.” Ujar Adhi mahasiswa Fakultas Hukum.

Walaupun banyak mahasiswa yang tidak tahu ulang tahun Unswagati, mereka tetap berharap Unswagati dapat menjadi negeri.

“Tahu kalau Unswagati akan ulang tahun, harapannya semoga Unswagati menjadi PTN.” Ucap Tuniah mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Acara ini akan dirayakan dies natalis ke 54-nya pada Jumat 16 Januari 2015. Dalam dies natalis kali ini selain perayaan digelar juga berbagai kompetisi untuk memeriahkan ulang tahun tersebut.
Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews