Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Rekor Baru, Opini yang Sama Terbit di 4 Media Cetak

Rabu, 17 September 2014

/ by BW
Cirebon - SetaraNews.com, Ada fenomena menarik pada hari Senin kemarin (15/9/2014) di 4 media cetak lokal Cirebon. Pasalnya dalam penerbitan koran pada hari tersebut terbit opini yang berjudul "Pilkada yang Tak Langsung, Demokrasi Rakyat atau Parpol" terbit di empat media yang berbeda dalam satu hari.

Opini yang ditulis oleh H. Sutrisno, SE, MSi (Bupati Majalengka) tersebut terbit di Harian Umum Fajar Cirebon, Kabar Cirebon, Radar Cirebon, dan Rakyat Cirebon sontak membuat pengamat media Khoirul Anwar berkomentar.

Saat ditemui oleh SetaraNews, Khoirul Anwar selaku Pengamat Media kemarin di Cirebon ia mengungkapkan bahwa pengiriman masal opini ke sejumlah media cetak dalam satu waktu yang sama dinilai merupakan pelanggaran tertib ilmiah.

"Seharusnya siapa pun itu, jika mengirimkan artikel (yang sama) ke dalam suatu media dalam satu waktu itu tidak boleh. Itu kejahatan." katanya.

Ia menduga ada dua kemungkinan kesalahan dalam penerbitan opini tersebut. Satu karena pihak dari penulisnya yang mengirimkan masal ke sejumlah media cetak, dan yang ke dua adalah dari pihak redaksinya.

Agar menghindari kesalahan tersebut, ia berpesan agar para penulis untuk menunggu pemuatan di media yang satu terlebih dahulu.

"Penulis (seharusnya, red) menunggu agar dimuat di satu media. Jika tidak terbit, baru mengirim ke media yang lain." tandasnya.

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews