Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

7 Tips Memilih Tempat Kos yang Baik untuk Mahasiswa Baru

Jumat, 08 Agustus 2014

/ by BW
Cirebon - SetaraNews.com, Hari-hari baru di semester pertama masuk kuliah tentu sangat berkesan bagi calon mahasiswa baru, khususnya untuk mahasiswa baru Universitas Swadaya Gunung Jati tahun ajaran 2014-2015 yang akan dimulai pada awal September 2014 nanti.

Banyak hal yang perlu diketahui oleh mahasiswa baru Unswagati ini, terutama bagi mereka yang merupakan warga bukan dari kota Cirebon yang jauh dari kampus Unswagati. Berikut redaksi berbagi pengalaman mengenai tips mencari tempat kos yang baik, terutama untuk mahasiswa baru yang akan menempuh pendidikan tinggi yang setidaknya akan menghabiskan waktu sekitar 3,5 tahun di kota Cirebon.

Setidaknya ada tiga kampus yang dimiliki oleh Unswagati, Kampus Utama ada Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik Sipil, dan Fakultas Pertanian berada di Jalan Pemuda No. 32 Kota Cirebon. Kampus 2 berada di Jalan Perjuangan No. 1 Kota Crebon hanya ada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, jurusan Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Bahasa Indonesia. Sedangkan di Kampus 3 ada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan khusus jurusan Pendidikan Sastra dan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, dan Pasca Sarjana.

  1. Carilah tempat kos yang dekat dengan Kampus. Cari tahu di mana tempat kamu akan menjalani perkuliahan, setidaknya dapat ditempuh dengan jalan kaki sekitar 5 menit perjalanan. Carilah tempat kos yang berdekatan dengan Kampus, dengan begitu kegiatan perkuliahan akan sedikit terbantu agar selalu on time.

  2. Carilah tempat kos yang dilalui jalur Angkot. Selain mencari tempat kos yang berdekatan dengan kampus, perlu diperhatikan juga bahwa tempat kos tersebut dekat dengan akses transportasi umum. Tidak semua mahasiswa baru dapat memiliki tempat kos yang nyaman dan ideal dalam waktu dekat, karena masih minimnya kegiatan sosial antar sesama mahasiswa. Sehingga perlu juga informasi akses angkutan kota. Di jalur Kampus 1 dilalui oleh angkot D3 dan D7.  Di jalur Kampus 2 Unswagati dilalui oleh angot D2 dan D3, dan bisa mengambil angkot D4 atau Elp di Jalan By Pass Brigjen Darsono. Di jalur Kampus 3 karena berada di perempatan Lampu Merah Pemuda, sehingga cukup strategis dilalui oleh berbagai angkutan umum seperti D2, D3, D4, D7, dan D10, serta Elp dan Bus antar provinsi.

  3. Carilah tempat kos yang bersih, sehat, dan aman. Utamakan tempat kos yang akan Anda tinggali itu bersih, sehat, dan aman. Ketiga keperluan tersebut adalah yang penting bagi mahasiswa baru. Karena, Anda perlu mandi, buang hajat, tidur, dan kemanan dengan barang-barang bawaan Anda. Utamakanlah rumah kos yang telah memiliki pagar, walaupun pagar besi tidak menjadi jaminan bahwa kendaraan Anda aman dari maling.

  4. Carilah tempat kos dengan biaya yang terjangkau. Carilah tempat kos dengan biaya yang terjangkau. Karena Anda akan berkuliah tidak untuk satu bulan saja, ini akan menjadi kegiatan selama 3 hingga 4 tahun yang akan datang.

  5. Carilah tempat kos yang memiliki aturan nilai-nilai kesusilaan. Carilah tempat kos yang memuat aturan-aturan yang baik dari pihak pengelola. Karena Anda akan bersosialisasi dengan mahasiswa baru dengan sejuta keanekaragaman. Namun pilihlah tempat kos yang memiliki aturan yang sehat, seperti tidak mencampurkan tempat kos wanita dan pria.

  6. Carilah tempat kos yang strategis dengan kegiatan ekonomi masyarakat. Artinya, Anda akan hidup jauh dari orang-tua tentu akan menjalani kehidupan dengan luar biasa. Di mana Anda akan masak makanan sendiri, mencuci baju sendiri, dan kebutuhan hidup akan dipenuhi sendiri. Maka dari itulah pilihlah tempat kos yang tidak jauh dari pasar/tempat pasar modern, dekat dengan warung makan, tempat fotocopy, rental komputer, warung internet, kantor pemerintahan, dan lain sebagainya.

  7. Mulailah mencari banyak teman. Hal yang tidak boleh dilewatkan bagi para mahasiswa baru adalah, mencari banyak kenalan. Banyak yang perlu diketahui jika Anda berada di lingkungan masyarakat yang baru. Maka dari itulah mencari banyak teman untuk memotivasi kegiatan aktivitas sehari-hari Anda agar kegiatan perkuliahan tidak membosankan. Banyak yang kita temukan ketika mendapatkan banyak teman. Seperti bisnis, organisasi, sahabat, usaha, dan hal-hal baru lainnya. Menemukan teman baru dapat didapat dengan mudah, dengan cara mencari komunitas, organisasi mahasiswa, jaringan media sosial, dan lainnya.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews