Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Prodi Bahasa Inggris Unswagati Adakan Workshop Bersama Peace Corps USA

Jumat, 09 Mei 2014

/ by BW

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unswagati


Selenggarakan Workshop Pengajaran Bekerjasama dengan Peace Corps USA


Unswagati - SetaraNews.com, Dalam rangka membekali mahasiswa tingkat tiga yang akan melaksanakan Program Praktik Mengajar di sekolah pada semester yang akan datang, Program Studi Bahasa Inggris FKIP UNSWAGATI Cirebon bekerja sama dengan Peace Corps USA mengadakan kegiatan Workshop of English Language Teaching (ELT) selama tiga minggu berturut-turut. Mulai minggu ketiga April hingga minggu pertama Mei 2014.

Kegiatan yang diselenggarakan tiap Jumat dan Sabtu ini melibatkan kurang lebih 350 mahasiswa tingkat tiga dan dipandu oleh fasilitator dari Peace Corps USA yakni Gabriella Longo, Matthew Gendron, Ameni Hears, Josep Younger, dan Inge Orendt.

Workshop tersebut memfokuskan pada tiga materi bahasan utama yakni meliputi classroom and behaviour management, lesson design dan fun learning activity. Dalam workshop tersebut, mahasiswa dibekali berbagai strategi tentang bagaimana mengelola kelas dan perilaku siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Selanjutnya, mahasiswa juga belajar bagaimana merancang sebuah proses pembelajaran yang sistematis yang dimulai dari persiapan, penyajian, hingga evaluasi. Pada bagian akhir, mahasiswa  dilatih bagaimana merancang dan mempersiapkan berbagai strategi dan aktivitas belajar yang menyenangkan dengan bahan dan media pendukung yang seadanya.

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unswagati, Dra. Hj. Nurani Hartini, M.Hum, menegaskan bahwa, "Kegiatan workshop ini merupakan salah satu langkah strategis yang diambil program studi guna meningkatkan kualitas para calon guru lulusan FKIP Unswagati, khususnya pada bidang Bahasa Inggris." katanya.

Kegiatan ini juga, lanjut beliau, merupakan bagian dari upaya prodi dalam mengembangkan saya kemitraan dengan berbagai lembaga baik dalam maupun luar negeri.

"Di era global seperti sekarang, menjalin kemitraan dengan lembaga internasional merupakan sebuah keharusan." tambahnya lagi.

Sementara itu, Gabrielle Logo, salah satu fasilitator, atas nama Peace Corps USA menyampaikan apresiasi yang sangat luar biasa atas terjalinnya kemitraan dengan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unswagati. Menurutnya, para mahasiswa memiliki kemampuan yang sangat memadai dan siap untuk menjadi guru professional.

“Saya sangat menikmat kegiatan workshop ini, utamanya karena mahasiswa sangat aktif pada semua aktifitas pembelajaran yang dijalankan,” ujar alumni University of California San Diego tersebut.

Kegiatan workshop tersebut juga disambut gembira oleh para mahasiswa. Asep Sunandar, salah satu peserta, menyatakan bahwa kegiatan workshop ini telah menambah rasa kepercayaan diri mahasiswa menjelang pelaksanaan praktik mengajar.

"Semua materi, aktifitas, dan trik serta tips mengajar yang disampaikan selama workshop tersebut berhasil meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar. Workshop tersebut juga menambah khasanah keilmuan mahasiswa dalam bidang pembelajaran Bahasa Inggris." tandasnya.

Menurut Usep Syaripudin selaku ketua pelaksana kepada SetaraNews hari ini mengatakan bahwa, "Acara dimulai tanggal 25 dan 26 April, dilanjut tanggal 2 dan 3 Mei. Dan baru ditutup kemarin (red-7 Mei 2014)." tutupnya.

Editor : Adigana I - I

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews