Responsive Ad Slot

Menwa Unswagati Adakan Tapak Tilas XV

Tidak ada komentar

Sabtu, 09 November 2013

Unswagati - SetaraNews.com, Jumat (8/11) Menwa (Resimen Mahasiswa) Unswagati mengadakan kegiatan Tapak Tilas dengan tema “Dengan semangat generasi muda mari kita bersatu teguh untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan.” yang diselenggarakan di Kampus 1 Unswagati.

Tapak tilas ini diikuti oleh SMP, SMA sewilayah tiga Cirebon dan Menwa se-Indonesia. Jumlah regu sampai hari ini penutupan berjumlah 39 regu, dengan jumlah satu regu yang terdiri dari tiga orang untuk mengikuti perlombaan. Dalam acara ini akan diadakan dua etape, etape yang pertama berjalan dari Ciniru ke Bojong lalu menginap satu malam di Bojong dilanjutkan ke Linggarjati dan kembali ke Kampus 1 unswagati.

Di setiap rute perjalan terdapat pos utama yang berjumlah 6 pos dan pos bayangan berjumlah 10, kinerja pos utama adalah untuk melakukan pengecapan sedangkan pos bayangan adalah sebagai pengarah agar para peserta tidak nyasar serta pengecekan jumlah regu.

“Tujuan pada Tapak Tilas yang ke 15 ini adalah memenuhi proker (program kerja) dan mengembalikan semangat pemuda untuk melanjutkan perjuangan pahlawan.” Tutur Wiwin Suhartinih selaku komandan kompi kepada Setaranews.

Penilaian bagi peserta ini ada 3 kategori yaitu kekompakan, kecepatan peserta tapi tidak boleh lari apabila ketahuan lari akan di diskualifikasi dan keutuhan dari regu itu sendiri, yang sebagai juri untuk penilaian ini Menwa mengundang 3 perwakilan dari tentara kodim (komando distrik militer).

Pembukaan Lotte Mart Disambut Aksi

Tidak ada komentar

Kamis, 07 November 2013

Cirebon, SetaraNews.com - Kamis (07/11) Aliansi Mahasiswa Cirebon yang merupakan gabungan dari Organisasi Kemahasiswaan Universtas Swadaya Gunung Jati, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Cirebon serta Organisasi  Ekternal melakukan aksi mengenai pembangunan Lotte Mart.

Aksi ini berlangsung di dua tempat. Aksi pertama dilakukan di depan Lotte Mart, dengan alasan ingin bertemu langsung dengan Walikota Cirebon yang akan meresmikan pembukaan Lotte Mart tadi pagi pukul 09.00 wib. Namun, Walikota Cirebon tidak hadir dalam acara tersebut. Sehingga mahasiswa beralih ke Balai kota Cirebon yang berujung dengan Audiensi secara langsung dengan pihak Pemerintah Kota Cirebon.

Audiensi tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Walikota Cirebon Nasrudin Azis,"Sebenarnya, walikota sendiri diminta untuk meresmikan Lotte Mart. Dan walikota sendiripun, menolak meresmikan Lotte Mart. Walikota menyuruh perwakilannya untuk meresmikan Lotte Mart". Ujarnya.

Menanggapi beberapa masukan dari mahasiswa pada saat Audiensi, Wakil Walikota pun angkat bicara "Pembangunan Lotte Mart sudah memenuhi syarat. Jika kita harus meruntuhkan bangunan, maka itu sangat tidak bijaksana. Insya Allah saya pribadi akan berjuang untuk menahan perizinan pembangunan Super Mall kembali". Ujar Nasrudin Azis.

Mahasiswa meminta agar Pemkot menerapkan ekonomi kerakyatan, dan menanyakan misinya mengenai kesejahteraan masyarakat. "Saya menilai bahwa kepemimpinan Pemkot tidak punya visi dalam membangun perekonomian. Akan saya tagih tanggal 10 November nanti" Ujar Kris salah satu koordinator Aliansi Mahasiswa Cirebon, saat ditemui Setaranews sekitar pukul 12.00 WIB.

 

Editor : Ali Fikri

 

Kronologi Permasalahan Pembangunan Lotte Mart Cirebon

Tidak ada komentar
Cirebon, SetaraNews.com - Rabu (06/11) Pembangunan pusat perbelanjaan Lotte Mart memang memiliki banyak persoalan, dari pemilihan tempat yang tidak tepat, penyebab pembangunan  yang membuat Ruang Terbuka Hijau (RTH) makin sedikit sampai dengan persoalan pemindahan tempat berjualan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kawasan Kampus 3 Unswagati yang letaknya tepat di sebelah proyek pembangunan Lotte Mart.

Selain permasalahan diatas ada juga pernyataan dari mantan ketua DPRD kota Cirebon yang kini menjadi Wakil Walikota Cirebon, Nasrudin Azis yang menyatakan pembangunan mall di Cirebon harus dikaji. Persoalan pembangunan proyek Lotte Mart selama setahun belakangan ini telah Setara rangkum sebagai berikut :

 


Kronologis awal Juni 2012

Belum Dapat Izin Pembangunan Lotte Mart Sudah Berjalan

Pada awal proyek, Lotte Mart sudah melakukan proses pembangunan padahal belum mendapat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari pemerintah kota Cirebon.

25 Juni 2012

Teguran Pemkot diabaikan

Melihat proses pembangunan sudah berjalan pemkot kota Cirebon melayangkan surat teguran kepada pihak Lotte Mart, akan tetapi hingga beberapa hari semenjak tanggal surat proyek pembangunan tetap berjalan.

26 Juni 2012

Mahasiswa Fisip Demo Tolak Lotte Mart

Mahasiswa Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) melakukan aksi menolak pembangunan pusat perbelanjaan Lotte Mart. Mahasiswa menilai tempat dibangunnya Lotte Mart sangat tidak tepat, karena berdampingan langsung dengan lembaga pendidikan, selain itu mahasiswa juga mengira RTH di Cirebon akan semakin menipis jika Lotte Mart benar-benar dibangun.

27 Juni 2012

Walikota Cirebon Menyatakan Proyek Lotte Mart Sudah Berhenti

Walikota Cirebon saat itu Subardi, menyatakan proses pembangunan Lotte Mart Sudah dihentikan, ia menyatakan dirinya telah memerintahkan Dinas Informasi dan Komunikasi kota Cirebon untuk memantau agar pembangunan benar-benar dihentikan.

15 Juli 2012

Ketua DPRD Kota Cirebon, Minta Pemkot Mengkaji Perizinan Mall di Cirebon

Ketua DPRD kota Cirebon saat itu yang kini menjadi Wakil Walikota Cirebon Nasrudin Azis,  menyatakan bahwa setiap pembangunan mall yang tidak terkendali dapat mematikan pelaku usaha kecil menengah, oleh karena itu ia meminta pemkot untuk mengkaji setiap pembangunan Mall di kota Cirebon

16 April 2013

Cirebon Memiliki Walikota dan Wakil Walikota Baru

Kota Cirebon memiliki Walikota dan Wakil Walikota baru saat Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Wilayah III Cirebon, Ano Sutrisno dan Ketua DPRD Kota Cirebon Nasrudin Azis, memenangkan pemilihan umum daerah Cirebon periode 2013-2018. Dengan demikian pemilik kebijakan di kota Cirebon berpindah.

Juli 2013

Proyek Lotte Mart Kembali Berjalan

Pada pertengahan Juli 2013 Lotte Mart kembali meneruskan proyek yang telah tertunda hampir setahun. Pihak Lotte Mart telah mengantongi IMB sehingga dapat melanjutkan proses pembangunan.

9 Oktober 2013

Pedagang Kaki Lima Menolak Pindah Tempat

Pedagang kaki lima (PKL) yang ada di kawasan kampus tiga Unswagati menolak pindah tempat berjualan.Rabu 9 Oktober pada sore hari, para PKL tersebut berkonsultasi dengan ketua Badan Komunikasi Ikatan Pedagang Kaki Lima (BKIPKL) kota Cirebon di pelataran Masjid Nurul Ilmi kampus satu Unswagati. Para pedagang bersikukuh tidak ingin pindah dari tempatnya semula yang letaknya tepat berdampingan dengan Lotte Mart

4 November 2013

Pedagang Sepakat Pindah Lokasi di Lotte Mart

PKL akhirnya luluh dan mau merelokasi tempat berjualanya kedalam kawasan Lotte Mart lewat musyawarah yang digelar pada senin 4 November didalam gedung Lotte  Mart, dalam musyawarah tersebut selain PKL hadir juga ketua BKIPKL serta  perwakilan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum dan FISIP.

Hingga berita ini diturunkan proses pembangunan Lotte Mart  masih berjalan dan telah memasuki tahap akhir.

 

Editor: Ali Fikri

Peringatan 1 Muharrom, Warga Cirebon Ikuti Pawai Obor

Tidak ada komentar

Selasa, 05 November 2013

Cirebon, SetaraNews.com - Peringatan 1 Muharrom 1435 Hijriah, warga kota Cirebon mengikuti pawai obor bersama yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Cirebon di Jalan Siliwangi malam ini Senin (4/11).

Acara pawai obor ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari jadi Kota Cirebon yang ke-644 dan bertepatan dengan 1 Muharrom, tahun baru hijriah yang ke 1435. Acara yang diikuti oleh perwakilan dari tiap kelurahan ini berlangsung dengan cukup meriah.

Acara yang dipimpin langsung oleh Walikota Cirebon; Drs. Ano Sutrisno, M.M., ini juga turut dihadiri oleh Rektor Universitas Swadaya Gunung Jati. Dalam sambutannya, Ano berharap agar warga kota Cirebon dapat bersama-sama menggali budaya lokal yang merupakan jati diri dan melestarikan budaya lokal.

"Mari, melalui syiar pawai obor peringatan hari jadi kota Cirebon dan sekaligus memperingati 1 Muharrom ini dijadikan sebagai simbol harapan bersama untuk hari esok yang lebih bercahaya." sambutnya.

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews