Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Pola Hidup Sehat ala Mahasiswa Unswagati

Kamis, 19 September 2013

/ by BW
Unswagati Cirebon - SetaraNews.com, Kuliah memang sibuk dan terkadang membuat stres karena pasti banyak tugas yang menghantui kita semua. Apalagi jika tugasnya membuat laporan atau makalah yang mengharuskan kita lembur sampai pagi.

Kesibukan tersebut pasti kita sampai melupakan kesehatan tubuh kita sendiri. Terkadang hambatan saat perkuliahan yakni mengantuk, kepala pusing, mata terasa berat, dan masih banyak kendala yang dialami juga. Budi (21) Mahasiswa Fakultas Kedokteran dari Universitas Swadaya Gunung Jati menuturkan, "Walaupun kita sedang dihadapkan dengan tugas perkuliahan yang menumpuk sehingga kurang istirahat dan mengganggu kesehatan tubuh kita, tetapi hal tersebut dapat kita cegah."

“Banyak yang dapat kita lakukan agar tubuh tetap fit walaupun temen-temen mahasiswa sedang mengerjakan banyak tugas hingga larut malam yang terkadang lembur hingga pagi."  Tuturnya di sela-sela kesibukan dia saat merapikan tanaman hiasnya waktu Senin lalu (16/09).

“Saya menyarankan bagi temen-temen mahasiswa jangan terlalu sering begadang, karena biasanya mahasiswa sering sekali begadang nonton bola atau mengerjakan tugas kuliah saat tugas hampir dikumpulkan karena sebelumnya malas mengerjakan dengan cara kebut semalam yang membuat tidak tidur semalaman kan. Sebaiknya mulai sekarang hentikan kebiasaan seperti itu. Tubuh kita itu seperti mesin yang perlu untuk di panaskan supaya tetap dalam kondisi yang baik dan bagus. Jika tubuh dipaksa terus-terusan bekerja tanpa istirahat seperti mesin pasti tubuh akan rusak yang membuat tidak sehat.” tambahnya.

Para mahasiswa juga sering melupakan pola makan yang sehat dengan makan sembarangan. Ketika sarapan jangan terlalu sering mengonsumsi mie instan. Mie instan tidak baik bagi pencernaan terlebih lagi mie instan tidak mengandung banyak energi bagi tubuh kita untuk aktifitas kita seharian di kampus. Konsumsilah makanan yang memiliki sumber energi bagi tubuh kita. Jangan sampai meremehkan apa yang kita makan di pagi hari karena itu merupakan sumber energi untuk mengisi aktivitas-aktivitas kita sepanjang hari di kampus.


Saat berada di kampus pasti sangat sibuk dengan banyaknya aktivitas, katanya itu sudah termasuk olahraga karena cukup menguras energi. Tetapi sebenarnya itu salah, karena tubuh membutuhkan untuk diolah agar tubuh tetap sehat. Olahragalah secara teratur di pagi hari sebelum berangkat ke kampus dengan lari-lari kecil atau joging bisa juga dengan senam atau peregangan tubuh.

“Menurut saya selain jalan kaki saja misalnya dari kost-an sampai ke kampus, itu masih belum cukup, apalagi mahasiswa yang mengendarai sepeda motor atau mobil, sebaiknya untuk tetap menjaga tubuh agar tetap fit dan sehat kita rutin melakukan olahraga minimal dua minggu sekali.” ujar mahasiswa yang biasa dipanggil Dede anggota UKM Olahraga yang ditemui SetaraNews di Sekretariat UKM Olahraga Kampus 1 Unswagati (16/09).

Untuk mahasiswa yang tengah disibukan dengan tugas-tugas kuliah yang mengurangi jam istirahat kita, sebaiknya sekarang mulailah hentikan kebiasan-kebiasaan buruk pola hidup kita dan mulailah menganti dengan pola hidup yang sehat. Dengan begitu tubuh Anda akan selalu sehat dan bugar supaya dalam menjalani aktivitas-aktivitas harian di kampus menjadi semangat dan kerjakan tugas di hari-hari sebelumnya dan hilangkan rasa malas pada tubuh kita.

 

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews